Blog Details

HomeBlogBlog Details

Tips Memaksimalkan Social Media Marketing yang Efektif

Social media marketing bisa kalian jadikan salah satu cara paling efektif untuk memasarkan produk yang dijual melalui platform digital atau e-commerce. Social media marketing juga memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis yang baru berjalan, diantaranya meningkatkan engagment terhadap produk, memudahkan kalian untuk mendapatkan pelanggan baru serta meningkatkan kepuasan layanan pelanggan lama, meningkatkan pengunjung akun social media atau website dan menaikan peringkat pada mesin pencarian (Google). Tentunya sukses nya social media marketing tidak lepas dari beberapa tahap, disini kita akan kasih 5 tips untuk bisa maksimal menjalankan social media marketing, yuk intip tips nya!


Kenali Target Pasar Digital
Image

Saat menjalankan strategi social media marketing gunakan salah satu platform yang sering digunakan oleh kalangan masyarakat umum. Saat ini platform Instagram dan TikTok adalah aplikasi social media yang cocok kalian gunakan apabila target audiens memiliki usia yang relatif muda dan model bisnis yang dijalankan adalah B2C (business to customer). Berbeda target maka berbeda platform, apabila target klien kalian kalangan profesional dan mempunyai bisnis model B2B (business to business), Facebook dan Linkedin akan menjadi pilihan yang tepat.

Riset Tentang Kompetitor
Image

Untuk dapat bersaing di pasar digital, penting untuk kalian ketahui siapa kompetitor yang menjalankan bisnis dengan menjual produk yang serupa. Dengan begitu, Anda dapat membuat competitor landscape dan mempelajari strategi social media marketing yang kompetitor jalankan sehingga kalian dapat melihat celah untuk dikembangkan.

Kalian dapat melakukan analisa terhadap strategi apa yang digunakan oleh kompetitor, dapat melalui keyword, hashtag, hingga jenis konten yang mereka buat. Setelah memahami apa yang dimiliki kompetitor, kalian bisa menentukan unique selling point (USP) dan digital campaign yang menjadi kelebihan dengan kompetitor kalian.

Tentukan Social Media yang Digunakan
Image

Setelah melakukan riset dan menemukan media sosial yang cocok, kamu akan dengan mudah menentukan media sosial yang akan digunakan. Contohnya, kamu memiliki targeting audience dengan rata-rata usia 25 tahun yang bekerja sebagai karyawan swasta, maka tidak ada salahnya jika mencoba menggunakan Instagram untuk membagikan konten promosi. Selain dari usia dan jenis kelamin, kamu juga bisa menentukan penggunaan media sosial berdasarkan kesesuaian konten yang ingin dibagikan.

Mengatur Budget Social Media Marketing
Image

Membuat dan mengatur budget social media marketing dengan baik sehingga target pasar tetap subjektif dengan objek yang dibuat. Hal ini dikarenakan kalian dapat membuat iklan di platform Social Media yang memiliki potensi untuk menjangkau calon pelanggan baru. Beberapa alasan untuk beriklan di platform social media yaitu target audience lebih tepat dan dapat diatur sesuai kebutuhan, dan juga biaya iklan yang relatif murah untuk dimanfaatkan oleh bisnis yang baru berjalan.

Memaksimalkan Konten Berbentuk Video
Image

Dalam hal ini, kalian dapat memanfaatkan berbagai konten video di berbagai platform media sosial. Seperti di TikTok yang menggunakan konten video pendek sebagai media utamanya, atau YouTube yang dapat menaruh konten dengan durasi panjang.

Selain TikTok dan YouTube, Anda juga dapat menggunakan konten video untuk membuat Instagram Stories, Instagram Reels, atau bahkan video live streaming di IGTV dan TikTok Live.

Techoma Creative

Techoma is a consultant as well as a provider of Digital Marketing Services for various stages of business, the result of collaboration from the best agencies & professionals in Indonesia!. Thanks for stop Techoma Blog!