Blog Details

HomeBlogBlog Details

Intip Kisah 3 Pemuda Membangun Start Up Indonesia

Tidak lama ini, platform aplikasi pencarian kerja Indeed menggunakan platform media sosial spesialis short video TikTok untuk membangun kampanye komunikasi digital Gen Z pencari kerja kelas milenial dengan harapan peluang kerja yang didapat sesuai kemampuan. Kampanye mencari cuan lewat TikTok ditujukan untuk menjangkau audience milenial dan Gen Z yang mempunyai potensi besar menggunakan situs jejaring sosial. Kampanye “You Better Work, Boss” yang didukung dengan peluncuran ini didasarkan bahwa generasi ini telah mendefinisikan kembali hubungan mereka dengan pekerjaan dan mengharapkan perusahaan bekerja keras untuk menarik dan mempertahankan karyawan


Audience yang Merubah Skema Tiktok
Image

Dilansir dari program pembelajaran digital TikTok, kampanye baru ini mendorong milenial untuk menemukan pekerjaan ideal mereka. Menjadi salah satu platform yang digunakan secara massif tidak hanya dapat membawa dampak negatif namun apabila digunakan untuk kegiatan yang positif dapat membawa dampak yang setara masifnya.

Salah satu contoh platform pencari pekerjaan Indeed memanfaatkan ketenaran TikTok, dikutip dari Direktur Pemasaran Indeed India dan SEA, Nishita Lavani, menyatakan, “Kami ingin membantu tujuan Gen Z dan Milenial, yang akan segera menjadi bagian besar dari tenaga kerja. Mereka akan memiliki karir 50-60 tahun ke depan, dan kami mengantisipasi kebutuhan untuk membantu generasi karyawan ini dalam menavigasi pasar kerja sambil tetap setia pada prinsip mereka.”

TikTok tidak diragukan lagi telah menjadi sumber penting untuk mendidik dan melibatkan para profesional Gen Z dalam bimbingan dan pencarian karir, baik melalui video TikTok durasi pendek hingga mendidik langsung dari bisnis tentang perusahaan mereka atau peluang yang tersedia, atau saran dari ahli perekrutan. Karena basis pengguna aplikasi sebagian besar dibuat dari Generasi Z, tampaknya beralasan bahwa banyak perusahaan, perekrut, dan pemberi pengaruh ingin menghubungi mereka melalui platform tempat mereka paling aktif.

5 Ide Side Hustle Buat Nambah Cuan Kamu di 2023

Ada beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan buat kamu yang mau ningkatin pendapatan sampai dapet 100 juta pertama, daripada hanya scrolling, mending kita working!

1. F&B Influencer
Image

Banyak dari kita kadang bingung untuk cari tempat makan atau bahkan tempat untuk ngopi yang nyaman, nah disini pas banget untuk kamu yang seneng jalan-jalan cari tempat baru karena dengan hobi jalan-jalan kamu itu bisa dijadiin cuan loh! Gimana cara nya ya ? Kamu hanya perlu smartphone dengan kualitas kamera yang bagus dan mulai datang ke tempat kopi, upload secara rutin sehinga pemilik tempat kopi mengajak kamu untuk review produk atau review tempat. Side hustle ini bisa dibayar Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000 per video nya loh!

2. Freelancer Copywritter
Image

Kalau kamu hobi nulis, jadi Copywritter jadi salah satu side hustle yang bisa dicoba. Sekarang banyak brand yang membutuhkan jasa penulis untuk membantu mereka dalam promosi secara digital. Apalagi jika kamu rutin menulis di blog, bisa jadi portofolio buat ditawarkan ke brand lho! Copywritter juga bekerja dengan fleksibel, bisa bekerja dari mana saja dan bisa dikerjakan kapan saja, selama bisa memenuhi tenggat waktu yang ditentukan. Untuk menjadi Copywritter yang penting adalah focus dan konsisten hingga karya mu dilihat oleh masyarakat luas. Side hustle ini bisa mendapatkan bayaran hingga Rp. 1.000.000 per akun TikTok untuk menulis caption yang dibutuhkan, menarik ya!

3. Host Live Tiktok Shop
Image

Sekarang banyak online shop yang menggunakan jasa live host untuk mempunyai daya tarik tersendiri, khusus nya jika ada hari besar seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Momentum ini tidak akan dilewatkan oleh para brand online shop, live TikTok terbukti dapat meningkatkan transaksi penjualan melalui fitur Checkout pada saat live berlangsung. Side hustle ini cocok buat kamu yang jago promosiin barang dagangan, bisa dibayar sampai Rp. 500.000 loh sekali jadi host live TikTok shop!

4. Membuat Brand Sponsored Content Post

Sponsored Content Post adalah Ketika akun kamu dikategorikan sebagai influencer TikTok, yang dapat mempromosikan brand tertentu. Biasanya, agensi atau brand akan melihat jumlah followers, like, dan berapa banyak tayangan video, untuk mengukur tingkat engagement content creator di TikTok. Dari sana, akan terlihat apakah followers Anda cocok alias target market dari brand, atau Bahasa nya akun kamu digunakan untuk endorsement post, Kerjasama ini bisa bikin kamu cuan sampai lebih dari gaji UMR DKI Jakarta loh!

5. Membuat Agency Social Media Tiktok

Pekerjaan agensi biasanya menjadi perantara, koordinator, hingga menjadi manajemen akun TikTok secara keseluruahan. Contohnya, agensi akan mencari influencer yang tepat untuk strategi marketing brand, mengatur konsep dan budget iklan, hingga mengelola kerja sama dengan pihak diluar brand. Pekerjaan side hustle agensi TikTok ini kamu bisa berpeluang mendapat sampai diatas Rp. 5.000.000 setiap bulannya!

Nah itu dia penjelasan singkat tentang penggunaan TikTok sebagai sumber cuan kamu di tahun 2023 agar side hustle berjalan sehingga content positif yang ada TikTok juga dapat berkembang, jangan lupa selalu produksi content yang bermanfaat ya!

Techoma Creative

Techoma is a consultant as well as a provider of Digital Marketing Services for various stages of business, the result of collaboration from the best agencies & professionals in Indonesia!. Thanks for stop Techoma Blog!