Blog Details

HomeBlogBlog Details

Mengukur Urgensi Perusahaan Start Up Bakar Uang

Perusahaan Startup yang baru berdiri perlu didukung dari segi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi guna bersaing dengan kompetitor dan bertahan di pangsa pasar itu sendiri. Dua hal ini dinilai mempunyai tempat prioritas apabila Perusahaan Startup ingin berkembang secara instant. Gebrakan inovasi yang digaungkan oleh Perusahaan Startup tentunya tidak akan menggunakan cara lama dan alat lama untuk membawa perubahan di masyarakat. Sering muncul di benak pikiran kita, apakah Perusahaan Startup efektif dalam menjalankan bisnis nya apabila terus-menerus “membakar uang” ? pertanyaan ini akan menjadi pro dan kontra dari perspektif yang berbeda antara Pemilik Usaha dengan Masyarakat Umum.


3 Alasan Utama Kenapa Diperlukan Bakar Uang

Sebenarnya istilah bakar uang adalah hal yang lumrah terjadi di dunia usaha khususnya dalam hal mendirikan dan mengembangkan Perusahaan Startup. Namun pada dasarnya, bukan lah uang yang dibakar namun uang yang digunakan dalam jumlah besar secara terus-menerus.

1. Meningkatkan Brand Awarness

Salah satu objek bakar uang adalah kegiatan promosi Perusahan Startup yang menghabiskan uang dalam jumlah yang banyak, hal ini karena banyak nya persaingan antara Startup lainnya. Contoh nya dapat dirasakan ketika kita sebagai customer selalu mendapatkan diskon yang cukup besar hingga hal ini menarik customer lainnya untuk menggunakan layanan dari Perusahaan Startup tersebut.

2. Research & Development

Selain untuk kegiatan promosi, kegiatan test-produk di masyarakat juga tidak mengeluarkan uang yang sedikit. Karena hal ini tidak dilakukan sekali namun dilakukan berulang kali dengan R&D (Research and Development) pada setiap produk layanan. Pendanaan Perusahaan Startup (funding) dari investor dalam jumlah yang tidak sedikit membuat perusahaan startup dapat mengembangkan model bisnisnya, dan melakukan pengembangan promosi.

3. Mendapatkan Call to Action Secara Masif

Memiliki CTA yang baik akan meningkatkan sales / revenue Perusahaan Startup dan meningkatkan jumlah customer itu sendiri. Tanpa strategi bakar uang untuk mendapatkan CTA yang terarah, maka kita akan kehilangan kesempatan untuk scale up layanan produk yang disediakan.

Itulah penjelasan singkat tentang mengapa Perusahaan Startup memerlukan kegiatan bakar uang untuk mengembangkan bisnis nya. Akan lebih baik jika Perusahaan Startup membuat target yang terukur agar segala dana yang dikeluarkan dapat digunakan secara maksimal dan terukur.

Techoma Creative

Techoma is a consultant as well as a provider of Digital Marketing Services for various stages of business, the result of collaboration from the best agencies & professionals in Indonesia!. Thanks for stop Techoma Blog!